6 Cara Memperluas Jaringan

Untuk memperluas bisnis Kamu, salah satu yang harus dilakukan adalah memperluas jaringan Kamu. Sebagai seorang pebisnis, Kamu harus menjalin kerja sama atau mitra kerja dengan perusahaan, lembaga maupun pebisnis lainnya agar bisnis Kamu mendapat sambutan hangat dan mampu mencapai kalangan masyarakat yang lebih luas.

Hal ini pula yang diterapkan pada seorang sales. Jaringan adalah harga mati dari seorang sales karena untuk menjadi seorang sales, kita harus mampu mencari jaringan yang sebanyak-banyaknya agar mampu mencapai target yang ditentukan.

Diartikel kali ini, saya akan membahas 6 cara memperluas jaringan, simak dibawah ini,

Memperbanyak Kenalan.

Kunci utama untuk mendapatkan sebuah jaringan adalah memperbanyak kenalan karena untuk memperluas bisnis pasti kita membutuhkan bantuan orang lain agar mereka bisa merekomendasikan bisnis kita kepada orang lain, membuat mereka tertarik akan produk yang kita jual serta dapat menjalin kerja sama dengan kenalan kita.

Cobalah untuk menarik perhatian mereka dan ajak mereka berbincang-bincang terutama tentang hal-hal yang berhubungan dengan industri pekerjaan mereka. Banyak pengusaha yang berhasil membangun jaringan bisnis cukup kuat, berawal dari sebuah perkenalan yang berujung menjadi rekan bisnis yang solid.

Jangan Lupakan Kartu Nama.

Ketika berkenalan, jangan pernah melupakan kartu nama Kamu karena kartu nama menjadi salah satu identitas yang akan memudahkan orang-orang untuk dapat menghubungi Kamu. Kartu nama juga digunakan untuk membuktikan identitas kita dan membuat agar kenalan kita percaya pada kita atau tidak beranggapan bahwa kita adalah seorang pembohong yang hanya punya hasrat lain.

Bergabung Dengan Forum Atau Komunitas Pengusaha.

Cobalah untuk bergabung dengan forum atau komunitas pengusaha baik di internet atau di kota Kamu karena Kamu akan banyak menemukan banyak kenalan yang bergerak dibidang apa saja yang pasti dapat Kamu tarik untuk menjadi rekan bisnis yang cukup potensial bagi usaha Kamu.

Lakukan Beberapa Kegiatan Untuk Mengenalkan Bisnis Kamu ke Masyarakat Luas.

Kegiatan yang dapat Kamu lakukan adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan pameran, mempromosikannya melalui media massa, atau mengadakan pelatihan bisnis maupun seminar yang dibutuhkan masyarakat umum maupun pelaku bisnis lainnya sehingga keberadaan bisnis Kamu semakin dikenal banyak orang dan peluang Kamu untuk mendapatkan jaringan bisnis baru semakin terbuka lebar.

Membangun Hubungan Baik Dengan Semua Relasi.

Ketika berkenalan atau sudah menjalin kerja sama pastikan untuk membangun hubungan baik dengan semua relasi karena jaringan bisnis yang kuat akan terwujud dari hubungan baik yang Kamu bangun. Orang pasti akan bisa menilai dari sikap Kamu, kalau Kamu punya sopan santun dan bisa menghargai pastinya orang lain juga akan senang dan merasa tertarik untuk menjalin kerja sama dengan Kamu. 

Belajar dari Orang Lain

Lihatlah produk – produk yang sudah terkenal seperti KFC dan Starbucks yang namanya sudah terkenal mendunia. Pastinya Kamu penasaran bukan tentang bagaimana cara mereka mengembangkan bisnis hingga bisa membuka store – store diseluruh dunia? Cobalah untuk mencari tahu, kiat-kiat apa saja yang mereka terapkan dalam mengembangkan pangsa pasar bisnis mereka. Tidak ada salahnya jika Kamu mengikuti jejak kesuksesan mereka agar Kamu juga bisa sukses seperti mereka. Kamu juga dapat mengikuti seminar tentang bagaimana memperluas jaringan bisnis. Cari tahulah sebanyak-banyaknya baik dalam hal seminar, buku maupun media online seperti internet.

Setelah membaca artikel ini, pastinya Kamu sudah tahu bukan kiat-kiat untuk memperluas jaringan bisnis Kamu? Cobalah untuk menerapkannya mulai dari sekarang karena hal ini akan memudahkan Kamu dalam mengembangkan usaha.

Demikian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi Kamu. Salam sukses!

Dikutip dari berbagai sumber

Leave a Comment