Maintenance software meliputi:

  1. Koreksi kesalahan dalam Software sampai Software akan beroperasi sesuai dengan standard produk MAS berserta modifikasi yang sudah disepakati di surat penawaran.
  2. Dukungan telepon, termasuk dukungan Remote Desktop Access melalui internet, antara jam 09:00 dan 17:00 WIB, Senin sampai Jumat, kecuali hari libur nasional, untuk membantu pelanggan dalam menggunakan Software.
  3. Pelatihan ulang staff di kantor MAS Software dan juga untuk mendiskusikan kasus dan permasalahan dalam penginputan data ke dalam program.

Jasa Maintenance tidak termasuk:

  1. Jasa Modifikasi Software.
  2. Kunjungan onsite (ke tempat customer) terus menerus.
  3. Pengecekan data, jaringan dan komputer Customer.

Jasa modifikasi software Vendor akan membuatkan modifikasi software untuk Customer, seperti yang disepakati dalam surat penawaran yang tertulis dan ditandatangani oleh kedua belah pihak, yang menentukan Modifikasi Software yang disediakan oleh vendor dan biaya untuk jasa tersebut. Modifikasi Software meliputi pengembangan program kustom beserta instalasi dan pelatihan sehubungan dengan program komputer tersebut.

 

Dukungan onsite/pelatihan Vendor, setelah menerima permintaan dari Customer (lewat telepon atau email), akan memberikan dukungan onsite/pelatihan di tempat Customer pada waktu yang telah disepakati bersama. Jumlah kunjungan onsite yang diberikan sejumlah dengan yang sudah ditentukan di dalam surat penawaran. Apabila lokasi Customer berada di luar Jabodetabek, Customer setuju untuk membayar vendor semua biaya yang terkait dengan penyediaan dukungan onsite, termasuk biaya untuk (i) personil Vendor, (ii) biaya untuk perjalanan, penginapan dan biaya lain-lain.

 

Penambahan dukungan onsite Setelah jumlah kunjungan onsite yang diberikan ke Customer sudah habis, Customer tetap dapat mendapatkan dukungan onsite yang akan dikenakan biaya per kunjungan. Nominal biaya tersebut dapat Customer lihat di dalam surat penawaran yang sudah diberikan, yang dibedakan bagi Customer yang masih dalam periode maintenance dan tidak.

 

Pengecekan data, jaringan dan komputer Customer diwajibkan untuk mempunyai team IT sendiri atau berlangganan dengan IT freelance yang dapat melakukan pengecekan berkala atas komputer dan jaringan di tempat Customer. Apabila jaringan atau komputer di tempat Customer mengalami gangguan yang menyebabkan staf Customer tidak dapat menjalankan program MAS dengan lancar (seperti jaringan putus atau komputer terkena virus), perjanjian maintenance ini tidak mencakup bantuan seperti itu.

 

Kewajiban Customer

Customer Contact Pelanggan harus memberitahukan Vendor, staf di tempat Customer yang ditunjuk sebagai Customer Contact. Semaksimal mungkin, komunikasi antara Customer dengan Vendor akan melalui Customer Contact.

 

Instalasi Pelanggan setuju untuk menginstal semua perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan software MAS seperti Windows, driver printer, dan lainnya sesuai dengan petunjuk dari Vendor.

 

Tidak Modifikasi Software Pelanggan setuju untuk tidak memodifikasi, meningkatkan atau mengubah Software MAS dan databasenya, kecuali telah mendapatkan persetujuan tertulis dari pihak Vendor.

 

Bug Setelah mendeteksi bug dalam Software, Customer, seperti yang diminta oleh Vendor, setuju untuk memberikan Vendor hasil output dan data lainnya, termasuk database. Vendor juga dapat meminta Customer untuk mengulang kondisi pengoperasian seperti ketika munculnya bug tersebut.

 

Keterbatasan Tidak satu pihak pun bertanggung jawab kepada yang lain untuk kehilangan keuntungan langsung atau tidak langsung yang timbul dari gangguan pengunaan Software MAS, bahkan jika kedua belah pihak telah diberitahu tentang kemungkinan hal tersebut terjadi.

 

Pemutusan Hubungan Kerja Vendor berhak untuk mengakhiri Perjanjian ini dan semua layanan yang disediakan berdasarkan Perjanjian ini

  1. saat penghentian pengunaan Software MAS oleh salah satu pihak dengan alasan apapun, dan
  2. apabila Customer atau karyawan melanggar ketentuan Perjanjian ini dan Customer gagal untuk mengkoreksi pelanggaran tersebut dalam waktu lima belas (15) hari setelah diterimanya pemberitahuan tertulis dari Vendor.

 

Kepemilikan Customer mengerti bahwa Vendor memiliki semua hak kepemilikan, termasuk paten, hak cipta, rahasia dagang dan hak milik lainnya, di dalam dan pada Software serta koreksi, perbaikan bug, peningkatan, pembaruan atau modifikasi lainnya, kepada Software.

 

Penugasan Customer tidak boleh mengalihkan, secara keseluruhan atau sebagian, hak atau kewajiban Customer yang tertera di Perjanjian ini tanpa persetujuan tertulis dari Vendor.